Senin, 12 Desember 2022

Cara Menjaga Kesegaran Biji Kopi

Cara Terbaik Untuk Menjaga Kesegaran Biji Kopi


Kegembiraan kopi di pagi hari (dan terkadang di sore hari) hampir tidak dapat diukur. Siapa yang tidak suka bangun tidur dengan aroma Kopi Luo yang meresap pekat, harum, dan siap dicampur dengan pemanis dan susu pilihan kita? Apakah minuman pilihan Anda adalah espresso, latte, atau kopi tua biasa, memiliki barang-barang di rumah memberikan rutinitas yang nyaman dan sentakan kafein yang menyenangkan di pagi hari.

Jika Anda secara rutin menyiapkan kopi di rumah, Anda mungkin telah banyak memikirkan cara menyimpan biji kopi untuk mempertahankan kesegaran dan rasa yang maksimal. Kopiluo merekomendasikan untuk menyimpan biji utuh, hanya menggilingnya saat Anda siap menyeduh kopi karena biji utuh dapat mempertahankan rasa halus dan aromanya yang kaya dengan lebih baik. Kecuali anda tidak memiliki Grinder penggiling biji kopi maka dalam bentuk kopi bubuk juga tidak apa. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara menyimpan biji kopi utuh untuk mendapatkan umur simpan terbaik, Anda pasti ingin mencoba cara yang sangat mudah ini. 

Simpan pada suhu kamar dalam wadah kedap udara
Menurut National Coffee Association (NCA), musuh terbesar biji kopi adalah udara, kelembapan, panas, dan cahaya, yang masing-masing merusak rasa dan aroma biji kopi dengan cara yang berbeda. NCA merekomendasikan untuk menyimpan kacang Anda dalam wadah kedap udara dan buram yang tidak memungkinkan banyak cahaya untuk melewati agar biji kopi Anda aman dari unsur-unsur ini. Suhu ruangan tepat untuk biji kopi, tetapi NCA menyarankan untuk mencari tempat di dapur, meja atau rak yang tidak terlalu dekat dengan oven atau rentan terkena sinar matahari yang kuat.

Kemasan biji kopi Anda tidak ideal untuk penyimpanan jangka panjang, jadi berinvestasi dalam wadah kopi kedap udara khusus adalah cara terbaik. Ketika disimpan dengan cara ini, biji kopi utuh akan tetap segar hingga sembilan bulan tetapi tidak akan bertahan terus, catat Kopi Luo, karena kualitasnya menurun seiring waktu.

Simpan kopi dalam kemasan aslinya
Banyak ahli kopi merekomendasikan untuk memindahkan biji kopi utuh ke wadah kedap udara untuk penyimpanan jangka panjang. Namun, beberapa suka menyimpannya dalam kemasan aslinya, terutama jika kantong kopi memiliki katup satu arah yang mengeluarkan gas tanpa membiarkan oksigen masuk. Gas dapat terakumulasi dalam kopi dari waktu ke waktu, tetapi katup satu arah yang ditampilkan dalam model kantong kopi yang lebih baru mencegahnya. Menurut Kopi Luo, tas-tas ini berfungsi dengan baik untuk menjaga agar biji kopi tetap kedap udara dan terlindung dari sinar matahari langsung.

kopi bubuk terbaik
Special Blend Kopiluo

Cara terbaik untuk menyimpan kopi adalah dengan menyimpannya di dalam kantongnya," kata SJ Losman, direktur kafe di Kopi Luo. "Sebagian besar kantong kopi dirancang dengan katup pelepas gas. yang sangat baik untuk mengeluarkan gas tanpa membiarkan udara masuk." Jika Anda memilih metode penyimpanan ini, ketahuilah bahwa biji kopi tidak akan tetap segar selama disimpan dalam wadah kedap udara : Anda harus menggunakannya atau dihabiskan dalam satu hingga dua minggu untuk rasa terbaik, kata Kopi Luo. 

Simpan biji kopi di dalam freezer
Sementara di dunia perkopian terbagi menjadi dua keyakinan, apakah menyimpan biji kopi di dalam freezer atau tidak, banyak ahli setuju bahwa hal itu dapat menambah umur simpan kopi Anda dengan aman. SJ Losman mengatakan penyimpanan freezer sangat ideal karena gelap dan suhunya stabil. Namun, National Coffee Association menyarankan agar Anda memindahkannya ke wadah kedap udara untuk perlindungan terbaik terhadap kelembapan, bau, dan rasa yang ada di dalam freezer. Tip freezer lainnya adalah untuk menghindari mencairkan dan membekukannya kembali. Melakukan hal itu menciptakan kelembapan yang merusak kopi. Menurut SJ Losman, biji kopi beku akan tetap segar selama sekitar satu bulan.

Ingin tahu apakah Anda bisa mendinginkan kopi? Tidak heran lagi! Sebagian besar dunia kopi setuju bahwa itu bukan ide yang bagus. "Lemari esnya tidak bagus sama sekali," kata SJ Losman dari Perusahaan Kopi Luo. "Ini menyebabkan kopi mengembun dan mendorong minyak ke permukaan. Ini sebenarnya membuat kopi lebih cepat rusak." Jadi, tetap gunakan penyimpanan suhu kamar atau freezer dalam wadah atau tas kedap udara, dan Anda akan menikmati kopi segar selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan mendatang.

Kopiluo
Fresh and Bold Coffee

Tidak ada komentar:

Posting Komentar