Rabu, 18 Januari 2023

Cara Mengatasi Coran Dak Beton Rembes

Cara Mengatasi Coran Dak Beton yang Bocor


Bagaimana cara mengatasi dak beton yang rembes? Tenang, ini bukanlah akhir dari segalanya. Dak beton umum dipakai karena banyak alasan, salah satunya adalah karena kepraktisan dan harganya yang murah namun tetap kokoh. Kelebihan material satu ini secara umum juga banyak sehingga membuat proses perawatannya lebih mudah dan tahan lama.

Namun, bagaimana jadinya jika dak beton rembes? Dak beton yang rembes bisa disebabkan oleh beberapa hal dan cara mengatasinya juga tidak terlalu susah. Mari simak cara mengatasi dak beton yang rembes berikut ini!

Penyebab Dak Beton Rembes
Dak beton yang rembes tidak selalu disebabkan oleh konstruksi dak beton yang kurang baik, lho. Sebelum mengetahui cara mengatasi dak beton yang rembes, penting untuk mengidentifikasi dulu apa penyebabnya. Ada beberapa penyebab dak beton rembes, di antaranya :
  • Terdapat retakan pada dak beton. Hal ini umum terjadi karena konstruksi beton atau plesteran cukup rawan mengalami retakan akibat penyusutan kandungan air atau adanya masalah struktural. Banyak rumah mengalami kebocoran karena kondisi adanya retak pada dak beton ini.
  • Beton memiliki daya serap air yang tinggi. Secara natural, beton memang mempunyai daya serap yang tinggi, sehingga bisa menyebabkan terjadinya kebocoran di rumah. Beton yang mempunyai permukaan berpori-pori besar memang lebih mudah menyerap air sehingga lebih gampang rembes.
  • Ketidaksempurnaan adukan beton. Proses pembuatan dak beton harus sangat Anda perhatikan karena adukan yang tidak merata bisa menyebabkan beton bergelembung. Gelembung tersebut bisa membuat dak menjadi berongga saat kering dan air dapat tertahan dalam dak beton karena rongga tersebut.
  • Ketebalan dak beton yang kurang. Menghemat anggaran lewat mengurangi ketebalan pada dak beton juga bisa menjadi alasan kenapa dak beton rembes. Sebaiknya pastikan Anda membuat ketebalan yang diperlukan untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan, seperti dak beton mudah rembes saat musim hujan.

Cara Mengatasi Dak Beton yang Rembes
Nah, Anda tidak perlu khawatir bila mengetahui dak beton di rumah atau bangunan Anda merembes. Begini cara mengatasi dak beton yang rembes secara cepat :
  • Cek kondisinya secara berkala. Anda perlu melakukan pengecekan apakah dak beton rembes atau tidak dengan cara menutup pipa saluran pembuangan di dak atap atau roof drain. Diamkan dulu selama kurang lebih 1 jam, kemudian tuangkan air di atas atap beton. Apabila di bagian bawah atap terdapat rembesan air, itu artinya dak beton memiliki masalah. Anda sebaiknya segera perbaiki masalah ini dengan cara menambahkan waterproofing tipe semen.
  • Lakukan solusi darurat. Solusi darurat bisa Anda lakukan dengan cara menutup area atap menggunakan terpal plastik. Karena ini merupakan solusi darurat, Anda tetap perlu melakukan solusi lanjutan secara permanen setelahnya.
  • Lakukan perbaikan terhadap retakan kecil. Retakan pada dak beton bisa menyebabkan rembesan, sehingga Anda perlu memperbaikinya saat dak beton kering dan pastikan dak beton kering dan tidak terkena air selama 1x24 jam. Apabila retakan yang ada pada dak beton cukup besar, Anda dapat mengisi retakan menggunakan semen setelah sebelumnya diberi cairan additive bonding agent. Untuk retakan kecil, Anda perlu membuat retakan menjadi lebih besar agar penambalan dapat dilakukan dengan lebih baik.
  • Mengaplikasikan waterproofing. Ini adalah cara yang cukup efektif karena dapat menutup lubang-lubang yang lebih kecil sehingga tertutup dengan sempurna. Sebaiknya Anda memasang waterproofing dengan serat serat di bekas retakan besar dak beton. Dapatkan hasil maksimal untuk mengatasi dak beton rembes dengan mengaplikasikan waterproofing secara merata pada seluruh permukaan dak beton.

Itulah tadi informasi cara mengatasi dak beton yang rembes yang perlu Anda ketahui. Untuk memberikan perlindungan maksimal terhadap dak beton dan membuatnya tidak mudah rembes, Anda juga bisa menggunakan Aquaproof. Cat pelapis ini berfungsi untuk melapisi atap dan dinding bangunan terluar agar anti bocor. Cek harga Aquaproof di sini. Semoga cara mengatasi dak beton rembes di atas bisa membantu Anda!

Material yang biasa digunakan sebagai alas untuk pengecoran lantai atau dak beton umumnya yaitu bekisting kayu dan yang terbaru adalah bondeck.

Keunggulan dari Bondek :
  • Plat bondek jika digunakan sebagai pengganti bekisting maka jika cor beton lantai sudah kering (usia kering beton 28 hari) tidak perlu dilepas karena sudah menjadi satu sebagai unsur kekuatan struktur.
  • Hasil cor beton akan lebih rapi dan tidak terjadi cor beton keropos akibat dari bekisting bocor.
  • Pemasangan lebih efisien dan ekonomis
  • Bangunan dengan konstruksi baja akan sangat pas jika menggunakan aplikasi bondek, cepat dan hasil lebih rapi. Bagian dinding bawah dapat langsung di finishing cat.
bjms
Benindo

Kemudian satu lagi yang namanya hampir sama sering tertukar adalah Spandek. Spandek berfungsi sebagai atap, jangan salah pilih, yang baik adalah menggunakan jenis bahan tahan karat yaitu spandek galvalum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar