Jumat, 14 Juli 2023

Cara Kerja SEO

Panduan Singkat Cara Kerja SEO


Apa itu SEO dalam pemasaran digital?
SEO adalah strategi yang berfokus pada kehadiran situs web Anda di hasil pencarian. Ini melibatkan berbagai langkah untuk membantu Anda meningkatkan peringkat Anda.

Optimisasi mesin pencari (SEO) adalah komponen penting dari strategi pemasaran digital. Ini dapat membantu lebih banyak peluang menemukan bisnis Anda secara online, memperluas jangkauan dan meningkatkan pendapatan Anda.

Idealnya setiap website harus di SEO, walau sudah unggul tetap dipertahankan reputasinya. Saat Anda menerapkan strategi SEO, Anda mengoptimalkan situs web (OnPage) agar memenuhi standar website yang baik. Kemudian baru bisa terpenuhi untuk muncul di halaman hasil mesin pencari (SERP atau Search Engine Result Page) untuk kata kunci dan frasa yang terkait dengan bisnis Anda.

cara kerja seo
Cara Kerja SEO

Kata kunci adalah kata dan frasa yang dicari pengguna sesuai target Anda secara online. Kata Kunci harus terkandung dalam website agar ada relevansi dan harus ada repetisi agar Keywords Density naik. Kata Kunci ada yang bersifat Informatif, juga ada yang bersifat komersial.

Mesin pencari akan memberikan pengalaman terbaik bagi penggunanya, itulah sebabnya mereka memiliki ratusan faktor peringkat yang menentukan tempat Anda di SERP. Mesin pencari ingin menunjukkan kepada pengguna situs web yang sesuai dalam hasil pencarian untuk memberi mereka informasi yang mereka butuhkan. Pustaka mesin pencari akan cari tulisan dan mempelajari tautan hingga ke sumber yang memiliki informasi paling andalan.

Dengan SEO, Anda akan menerapkan teknik yang meningkatkan pengalaman pengguna situs web Anda untuk memastikan bahwa situs Anda memberikan jawaban kepada pengguna atas pertanyaan mereka.

Beberapa contoh persyaratan on Page SEO meliputi:
  • Menerapkan desain responsif untuk membuat situs web Anda ramah bagi pengguna seluler.
  • Meningkatkan navigasi situs web Anda untuk memastikan pengguna dapat dengan mudah menavigasi situs Anda.
  • Membuat konten khusus yang menjawab pertanyaan pengguna.
  • Memasukkan kata kunci dan frasa di seluruh halaman situs dan konten Anda.

Mencapai posisi teratas dalam hasil pencarian sangat penting karena 75% peluang pengguna mengklik melewati halaman pertama hasil pencarian lebih kecil.

Bagaimana cara kerja mesin pencari?
Perlu untuk memahami mengapa SERP menampilkan halaman tertentu di atas yang lain. Mesin pencari adalah sistem pustaka yang mempelajari semua situs web di Internet dan mengatur informasi untuk Anda.

Jadi, bagaimana mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo mencerna data yang begitu banyak? Mesin pencari harus melalui tiga langkah — merayapi (Crawling), mengindeks (Indexing) dan memberi peringkat.

Anatomi hasil penelusuran
Mari kita mulai dengan menyelami seperti apa tampilan halaman hasil mesin pencari. SERP terdiri dari hasil berbayar (Ads / iklan), Data Google Business Map dan pencarian organik.

Hasil berbayar terdiri dari situs web yang telah membayar Google untuk muncul di bagian atas hasil pencarian. Anda dapat mengidentifikasi mereka dengan tag "sponsor / ads" yang muncul di atas judul. Kemudian untuk Google Map, pencarian disesuaikan dengan jarak lokasi, kata kunci disesuaikan dengan label dan spesifikasi, kemudian diurutkan berdasarkan rating ulasan terbaik atau mendekati bintang 5.

Setelah yang tadi ditampilkan, kemudian Anda akan melihat daftar lengkap hasil pencarian organik halaman lainnya. Google memilih situs web ini untuk ditampilkan berdasarkan beberapa faktor seperti relevansi penargetan kata kunci, pengalaman pengguna (Page Quality, Bounce Rate atau Nilai Pantulan), reputasi jumlah pencarian, kesan atau Impression, Domain Rank, Domain Authority dan lainnya masih banyak lagi.

Crawling Indexing (Perayapan dan pengindeksan)
Pertama memeriksa halaman yang dibuat telah memenuhi standar website yang baik. Kemudian mesin pencari menggunakan bot khusus (Google Bot Engine) atau perayap pencarian untuk memeriksa semua sudut dan celah Internet.

Mereka menemukan situs web dengan "merayap" dari URL ke URL, dan saat menelusuri halaman, bot memeriksa teks utama dan bagian pelengkap di halaman. Bot pencarian mengumpulkan detail ini dalam indeks komprehensif, dan diurutkan ke dalam kategori berdasarkan judul, URL, media, dan teks. Kumpulan situs web ini akan dimasukkan nanti ketika seseorang mencari kata-kata terkait.

Mekanisme perayapan juga mengikuti tautan URL Anda pada laman domain lain (Backlink) yang bertindak sebagai jejak di seluruh web.

Peringkat Pencarian
Setelah terindeks, relevansi terpenuhi baru kemudian bisa mengumpulkan reputasi jejak pencarian organik.

Jasa SEO adalah konsultan yang membantu Anda dengan tepat menyesuaikan website agar sesuai standar web yang baik (on Page). Juga yang membantu menambahkan reputasi Off Page. Jasa SEO memastikan langkah Optimalisasi sesuai algoritma mesin pencari. Langkah yang sesuai ini merupakan point utama sangat penting harus diperhatikan, karena salah langkah justru bisa mengakibatkan terkena pinalty kemudian di hide ke public. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEO Advance Pertama

SEO Advance Pertama
Solusi Jasa SEO terbaik dengan metode tepat dan aman. Gratis kita bantu Check dulu Reputasi Web Anda saat ini, juga akan kelihatan kompetitor Anda dan berapa reputasinya di keywords tersebut. Garansi kita akan deliver apa yang kita offering. Mendapatkan pengunjung tertarget secara organik (Organic search traffic) yang sangat utama diperlukan dalam algoritma SEO Google. Domain Authority dari dofollow PBN Backlink. More Trust and Authority. When you reach the top of the search results, your customers will see you as the recommended business.