Selasa, 15 Agustus 2023

Cara Membuat NPWP Baru

Apa itu NPWP dan Fungsinya


Seringkali kita mendengarkan istilah NPWP, namun apakah dan apa fungsi NPWP. Berdasarkan Pasal 1 Nomor 6 Undang-undang Nomor 28 Tahun 2007, NPWP adalah identitas atau tanda pengenal bagi wajib pajak yang diberikan Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

NPWP terdiri dari 15 digit angka sebagai kode unik. Kode unik inilah yang nantinya menjamin data perpajakan Anda tidak tertukar dengan wajib pajak lainnya. Lalu apa arti dari kode seri NPWP? 

Contoh NPWP: 12.345. 678.9-001.002

Sembilan digit pertama pada NPWP merupakan kode unik dari identitas Wajib Pajak.

Tiga digit selanjutnya adalah kode unik dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP). Jika terdaftar sebagai Wajib Pajak baru, kode tersebut merupakan kode tempat Wajib Pajak melakukan pendaftaran. Sedangkan bila statusnya sebagai Wajib Pajak lama, maka itu adalah kode tempat wajib pajak saat ini.

Tiga digit terakhir menandakan status Pelayan Kantor Pajak. 000 berarti pusat atau tunggal. 00x (001,002) berarti cabang dengan nomor terakhir menunjukkan urutan cabang. Sejak awal 2023 telah dicanangkan NIK KTP juga mewakilkan NPWP. 


cara membuat npwp
Cara Membuat NPWP


Siapa yang punya NPWP?

  • Orang Pribadi, wanita yang sudah menikah pun akan dikenai pajak secara terpisah dikarenakan ; Memiliki kehidupan yang terpisah berdasarkan keputusan dari hakim. Adanya penghendakan secara tertulis berdasarkan dari perjanjian pada pemisahan penghasilan dan harta. Memilih dalam melaksanakan hak dan juga memenuhi semua kewajiban pajaknya yang dilakukan secara terpisah dari suami walaupun tidak terdapat adanya perjanjian dari pemisahan penghasilan dan harta.
  • Wajib Pajak Badan PKP; yang mana memiliki kewajiban dalam perpajakan sebagai yang membayarkan pajak, memotong dan memungut pajak yang disesuaikan dengan peraturan Undang-Undang perpajakan.
  • Wajib Pajak Badan PTKP, yang mana hanya memiliki kewajiban dalam perpajakan sebagai yang memotong atau memungut pajak yang disesuaikan dengan ketentuan peraturan Undang-Undang perpajakan.
  • Bendahara yang mana ditunjuk ; sebagai yang memotong atau memungut pajak yang disesuaikan dengan ketentuan peraturan Undang-Undang perpajakan.
  • Wajib Pajak Pribadi ; selain semua yang disebutkan diatas dan dapat memilih mendaftarkan dirinya untuk memperoleh Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).


Jenis NPWP

Menurut jenisnya, NPWP dibedakan menjadi dua, yaitu:

  • NPWP Pribadi ; diberikan kepada setiap orang yang mempunyai penghasilan di Indonesia.
  • NPWP Badan ; diberikan kepada perusahaan atau badan usaha yang mempunyai penghasilan di Indonesia.


Manfaat memiliki NPWP

Identitas wajib pajak ini memberikan banyak manfaat baik untuk keperluan administrasi perpajakan atau untuk urusan administrasi di luar perpajakan. Berikut ini penjelasannya untuk Anda.


Fungsi utama NPWP :

  • Sebagai kode unik yang selalu digunakan dalam setiap urusan perpajakan yang membuat data perpajakan Anda tidak akan tertukar dengan wajib pajak lainnya.
  • Apa jadinya bila biaya pajak yang Anda bayar ternyata lebih bayar? Sudah pasti Anda berharap uang tersebut bisa kembali bukan? Secara sederhana, inilah yang disebut dengan restitusi pajak. Untuk mengurus proses restitusi tersebut, syarat utamanya adalah menunjukkan NPWP.
  • Ada perbedaan besaran tarif pajak bagi mereka yang memiliki NPWP dan tidak memiliki NPWP. Contohnya pada jenis pajak PPh pasal 21. Jika Anda tidak punya NPWP, maka tarif pajak yang dikenakan 20% lebih besar daripada wajib pajak yang memiliki NPWP.


Fungsi NPWP di luar urusan perpajakan :

Bagi Anda yang berniat mengajukan kredit ke bank, NPWP menjadi dokumen penting yang menjadi syarat pembuatan kredit. Kalau Anda punya usaha, sudah seharusnya memiliki NPWP. Sebab, NPWP diperlukan untuk pengurusan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).


Cara membuat NPWP 

Ada dua cara pembuatan NPWP yaitu offline dan online. Untuk kelengkapan dokumen dan caranya bisa lihat pada link berikut cara membuat NPWP



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEO Advance Pertama

SEO Advance Pertama
Solusi Jasa SEO terbaik dengan metode tepat dan aman. Gratis kita bantu Check dulu Reputasi Web Anda saat ini, juga akan kelihatan kompetitor Anda dan berapa reputasinya di keywords tersebut. Garansi kita akan deliver apa yang kita offering. Mendapatkan pengunjung tertarget secara organik (Organic search traffic) yang sangat utama diperlukan dalam algoritma SEO Google. Domain Authority dari dofollow PBN Backlink. More Trust and Authority. When you reach the top of the search results, your customers will see you as the recommended business.